.quickedit{display:none;} #top-social-profiles{height:42px;text-align:right}#top-social-profiles img{margin:0 6px 0 0px !important} #top-social-profiles img:hover{opacity:0.8} #top-social-profiles .widget-container{background:none;padding:0;border:0} .social-profiles-widget img{margin:0 6px 0 0} .social-profiles-widget img:hover{opacity:0.8}
Minggu, 28 Maret 2021 | By: Arifatul Ma`rifah

Kisi-kisi US C3 Multimedia Tahun Pelajaran 2020/2021

 US SMKN 1 Purwodadi akan dilaksanakan mulai tanggal 1 -7 Maret 2021 secara daring. Salah satu mata pelajaran yang diujikan adalah C3 Multimedia. C3 Multimedia kelas 12 terdiri dari 3 (tiga) mata pelajaran produktif yakni Desain Media Interaktif (DMI), Teknik Pengolahan Audio dan Video (TPAV) serta Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). 

Adapun kisi-kisi ujian sekolah C3 Multimedia tahun pelajaran 2020/2021 dapat kamu unduh disini

Jika ada pertanyaan terkait ketiga mapel tersebut untuk segera menghubungi guru bersangkutan

DMI         : Saya sendiri

TPAV       : Singgih Wijayanto

PKK        : Saswito Hadi P

Selamat menempuh Ujian Sekolah, Semoga nilai yang didapatkan benar-benar hasil kalian belajar


Jumat, 25 September 2020 | By: Arifatul Ma`rifah

UX/UI Step

 Langkah-langkah merancang UX/UI untuk membuat aplikasi ataupun halaman web

1. Pembentukan ide 

Kategori ide dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:

The X For Y ( membuat X untuk menyelesaikan masalah Y)

The Significant Improvement ( pengembangan yang menyempurnakan ide sebelumnya)

The Wouldn't it be cool if we had... (terkadang hanya untuk agar keren saja)

jadi mau dibuat dari ide apa aplikasi yang akan kita buat nanti?

2.  Gambaran Pengguna

berisi kelompok data pengguna karena pembuat bukanlah pengguna. kita harus memikirkan pengguna saat kita membuat aplikasi. bukan membuat aplikasi karena kita lebih pintar atau kita bisa membuat namun karena kita ingin agar aplikasi kita nanti digunakan oleh pengguna

3. Perjalanan Pengguna

bedanya dengan gambaran adalah ditahap ini kita membuat langkah-langkah bagi user terkait aplikasi yang akan kita buat. misalkan saat kita punya ide membuat aplikasi pembelajaran, dimana gambaran penggunanya adalah kelompok siswa, kelompok guru maka perjalanan pengguna adalah tahapan yang dilakukan siswa untuk belajar, tahapan guru untuk mengajar. di tahap apa kita bisa membuat sebuah aplikasi yang menyelesaikan masalah pengguna

4. Bagan Alir dan Aliran Pengguna

sebagai gambaran bagaimana pengguna menjalankan aplikasi yang kita buat

5. Wireframe 

merancang isi layout dan fungsi-fungsinya. kita dapat memanfaatkan beberapa aplikasi untuk membuat wireframe


6. Lo-Fidelity dan High Fidelity

merupakan kerangka dari desain aplikasi. Lo-fi berarti lebih berfokus pada elemen-elemen dasar dari sebuah antara muka aplikasi seperti tombol, navigasi, text dan lain-lain
Hi-fi menambahkan detail-detail pada tombol misal warna yang digunakan, jenis dan ukuran font yang digunakan dan lain sebagainya.

7. Prototype 

 setelah membuat kerangka kita mulai dapat membuat prototype dari aplikasi yang akan kita buat



8. Percobaan Kegunaan

melakukan percobaan untuk melihat bagaimana kemudahan dari sebuah desain digunakan. 





Kamis, 17 September 2020 | By: Arifatul Ma`rifah

Artikel Ilmiah Populer

Beberapa karya artikel ilmiah populer yang sudah ku buat:

Jadi Programmer Itu Mudah

New Normal New Era (Jateng Pos 21 Agustus 2020)

Serunya Mengajar di Masa Sulit

Pandemi Covid 19 ini sudah berlangsung selama kurang lebih 6 bulan. Banyak perubahan terjadi di dunia pendidikan, yang saya alami sendiri. Sebagai seorang guru TI, saya memang tidak asing dengan cepatnya sebuah pembaharuan /update di berbagai bidang. Suatu hari muncul satu versi aplikasi, jam berikutnya muncul versi pembaharuannya. 

Dahulu mungkin masih belum banyak bapak dan ibu guru yang memanfaatkan Internet kecuali untuk mencari materi maupun tugas dengan memanfaatkan teknologi yang dikenalkan oleh ARPA di tahun 1945 itu. Namun di tahun 2020 ini bahkan kelas pun dibuat secara online. Kita belum bertemu fisik dengan siswa namun sudah mengajar mereka secara daring. 

Dalam upaya agar tidak tertinggal dengan pesatnya teknologi, dimasa pandemi ini saya pun selalu berusaha mengikuti pesatnya perkembangan jaman. Beberapa diklat secara online maupun offline sudah saya ikuti diantaranya Desiminasi TOT Guru Inovatif Angkatan 2020 tentang penggunaan Office 365 dan In House Training Persiapan PJJ Online dengan memanfaatkan Google yang dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Purwodadi pada bulan Juli 2020.

Kelas saya dibuka lewat Google Classroom dimana tahun pelajaran 2020 ini saya mengajar mata pelajaran Sistem Komputer di kelas X dan Desain Media Interaktif untuk siswa kelas XII Kompetensi Keahlian Multimedia, sesuai jadwal dari sekolah. Tugas dan materi saya buat bervariasi agar siswa tidak bosan dengan pelajaran saya.

Untuk siswa kelas X saya mulai dengan perkenalan diri pribadi selanjutnya perkenalan tentang mata pelajaran sistem komputer. Sulit rasanya mengajar siswa kelas X ini, selain karena saya belum pernah bertemu muka dengan mereka, saya juga tidak mengenal karakter dan kepribadian mereka. Tentu ini tidak boleh jadi penghalang saya untuk menjalankan tugas saya sebagai pendidik.

Baik di kelas X maupun XII, variasi materi saya lakukan agar mereka makin mudah beradaptasi dengan gawai yang tidak mungkin kita lepaskan di kondisi darurat seperti sekarang ini. Absensi secara online saya buat untuk mengecek kehadiran siswa dan biasanya saya posting di Forum Google Classrom dan untuk mengingatkan siswa biasanya pemberitahuan juga saya lakukan di Group WhatsApp. Karena keterbatasan kuota dan sinyal dimana cukup banyak siswa SMK Negeri 1 Purwodadi yang tinggal dipelosok desa, maka saya jarang melakukan video conference kecuali untuk kompetensi dasar yang menurut saya susah untuk dipelajari tanpa tata muka. Itu pun saya lakukan dengan persetujuan dan diskusi terlebih dahulu dengan siswa. Untuk melakukan video conference saya menggunakan google meet yang terkoneksi dengan google classroom siswa yang dapat dilihat di beranda masing-masing. Beberapa fitur google meet harus saya tambahkan seperti Google Meet Attendance untuk absen secara online, Google Meet Grid View untuk memperlihatkan semua siswa secara grid. Tak lupa selama video conference yang biasanya saya batasi selama 30 menit itu, saya record /rekam sehingga siswa bisa melihat lagi hasil pertemuan hari itu. Biasanya rekaman video pembelajaran saya buat menggunakan aplikasi Zoom dengan fasilitas record, whiteboard dan share layar yang sangat mudah dilakukan untuk para pemula. Selain berupa video, materi berupa presentasi menggunakan Power Point tetap saya lakukan. Untuk Kuis dan ulangan biasanya saya menngunakan Google Formulir, Forms dari office 365, Kahoot ataupun Quizizz. Nilai segera saya posting dengan memberikan kalimat penguatan disertai emoji kekinian agar semakin dekat dengan siswa. Tak lupa setiap pembelajaran saya lakukan pengisian jurnal secara online menggunakan google Spreadsheet

Kombinasi Microsoft 365 dan google memang sangat tepat untuk kondisi darurat seperti sekarang ini. Tak perlu lihat siapa yang lebih baik namun harus kita pikirkan nasib anak bangsa. Marilah terus belajar karena belajar tak kenal usia. Salam semangat, Salam Sehat dan Stay@home.

  


Berikut beberapa link materi yang sudah saya upload dan dapat dibaca dan dipelajari berulang-ulang karena biasanya saya sediakan dalam bentuk offline

1. Perkenalan

2. Konversi Bilangan Desimal

3. Menganalisis Media Pembelajaran

4. Media Interaktif berbasis Halaman web


#CerdasBerkarakter, #BlogBerkarater, #SeruBelajarKebiasaanBaru, #BahagiaBelajardiRumah


Kamis, 25 Juli 2019 | By: Arifatul Ma`rifah

Tahun Pelajaran 2019/2020

Tahun Pelajaran ini juga spesial seperti tahun-tahun sebelumnya. SMK N 1 Purwodadi membuat program Smart School yang tahun ini ditrial and error untuk program keahlian Teknologi Komputer dan Informatika.
Yuk daftar sebagai siswa dan ikuti mapel/course yang dimiliki oleh SMK N 1 Purwodadi. Klik disini

Kamis, 17 Agustus 2017 | By: Arifatul Ma`rifah

Paket keahlian multimedia awal prestasi

Tahun pelajaran 2017/2018 ini paket keahlian multimedia berhasil membawa siswa-siswa terbaik menuju ke provinsi di ajang Lomba Kompetensi Siswa.
Berikut adalah daftarnya


No Mata Lomba Nama peserta didik Kelas
1. Web Design Arif Rahman XII MM 2
2. Graphic Design Technology Aghapier Redha XII MM 1
3. Animasi 2D Septiyan XII MM 1

Besar harapan kami, seluruh keluarga SMK Negeri 1 Purwodadi, siswa-siswa terbaik ini mampu memberikan yang terbaik di provinsi pada ajang Lomba Kompetensi Siswa yang insha allah akan diadakan pada tanggal 9-11 Oktober 2017 di kota Pati.
Jaya Multimedia Juara SMK N 1 Purwodadi
Selasa, 27 September 2016 | By: Arifatul Ma`rifah

Pelatihanku

Beberapa waktu yang lalu saya mendaftarkan diri mengikuti sebuah pelatihan online (saran seorang teman). Pelatihan ini dilakukan melalui jaringan internet dan difasilitasi oleh SEAMOLEC http://mooc.seamolec.org/
Banyak hal yang saya pelajari di pelatihan ini..memang belajar tak boleh mengenal waktu ya
Hasil yang saya peroleh dari pelatihan ini adalah beberapa video berikut:
Tugas Pertama : Video Animasi Sederhana Perkenalan Diri
Tugas Kedua : Video Animasi Terkait Pembelajaran
Tugas Ketiga : Video tutorial Videoscribe (pengganti seminar)

Akhirnya saya dinyatakan lulus dan berhak menerima sertifikat ini
https://drive.google.com/open?id=0B9jwEO2_PxxCc0luckUtYjN0S1U
Senang rasanya bisa melalukan hal-hal baru ....
How about you all...do you feel the same way
You should try too and find a new way to explore new things
Cukaeyo... Like it so much